Opini

Dampak Negatif Covid-19 Bagi Dunia Pendidikan

Penulis : Maria Fiani Sain

Dunia Pendidikan merupakan landasan untuk mengembangkan potensi diri seseorang untuk mencapai sebuah keterampilan di dalam diri maupun di luar diri. Melalui pendidikan seseorang berpeluang untuk memperbaiki diri.  Seseorang bisa saja kehilangan banyak kesempatan penting dan berguna jika mengabaikan pendidikan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa, saat ini dunia sedang dilanda wabah uang mematikan yang dinamakan virus Corona.

Virus ini menyebar degan cepat melalui aktifitas sosial. Oleh karena itu para pemimpin negara menerapkan peraturan diantaranya ‘’Social Distancing’’.

Baca Juga :   Pikiran Kritis dan Politik

Covid-19 bukan hanya berdapak pada sosial ekonomi tetapi juga berdampak pada dunia pendidikan mulai dari tingkat SD,SMP,SMA hingga Pendidikan tinggi. Pendidikan di masa pandemi ini sangat jauh berbeda, karena semua model pembelajaran dilakukan secara daring, dan masih memiliki beberapa kendala yaitu ketidaksiapan dosen, guru, siswa dan orang tua.

Tentunya dalam melaksanakan belajar daring siswa-siswi harus memiliki alat teknologi yang memadai seperti komputer,  laptop, notebook, atau handphone.

Dalam masa pandemi ini sering kita lihat beberapa kendala dari siswa dan juga orang tua seperti sebagian siswa tidak bisa mengakses internet yang berkaitan dengan belajar daring. Hal ini tentunya eray kaitannya dengan jaringan internet karena mungkin berada di daerah terpencil dan sebagiannya juga siswa mengambil kesempan dimasa pandemi ini untuk menggunakan smartphone mereka untuk mengakses hal-hal yang tidak bermanfaat,  seperti bermain game online. 

Baca Juga :   Revitalisasi Urgensitas Pancasila: Menolak RUU HIP dan Strategi Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Dan banyak orang tua dari siswa yang mengeluh karena harus membeli paket bulanan kepada anak-anak meraka, ini disebabkan  krisis ekonomi yang sangat besar.

Dan dampak negatif pandemi covid-19 bagi dunia pendidikan ialah di mana sebagia besar siswa tidak bisah memahami secara luas dan mendalam terhadap ilmu yang mereka pelajari. Ini disebabkan oleh siswa kesulitan memahami pelajaran, dan kurangnya kosentrasi.

Baca Juga :   Peran Media dalam Menjaga Persatuan

Sebagai penerus masa depan Baangsa ini, marilah kita membangun semangat belajar kita. Pandemi Covid-19 bukanlah halangan untuk kita belajar demi mencapai masa depan.


Penulis Mahasiswa Universitas Katolik Santo Paulus Ruteng. Saat ini berdomisili di Robo-Ruteng.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button